Warna kabel
motor beda. Susah dimengerti orang awam. Apakah artinya? Padahal oleh
pabrikanan dibuat sederhana biar semua orang ngerti.
Dasarnya bermacam-macam kabel itu hanya bermuatan positif (+) atau negatif (-) saja. Tidak ada kabel yang bermuatan banci macam manusia. Jadi memang mudah untuk dimengerti.
Biar nggak linglung, berikut dibeberkan soal panduan arti sejumlah warna kabel di empat pabrikan ternama. Tentu tidak semua. Tapi bagian yang paling mungkin ditangani atau dibuka sendiri. Chuenk
HONDA
Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Aki
Hitam : (+) Kunci kontak
Putih : (+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning : (+) Arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) Lampu jauh
Abu-abu : (+) Flaser
Biru laut : (+) Sein kanan
Oranye : (+) Sein kiri
Coklat : (+) Lampu kota
Hitam-Merah : (+) Spul CDI
Hitam-Putih : (+) Kunci kontak
Hitam–Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning : (+) Pulser CDI
Hijau-Kuning : (+) Lampu rem
(Sumber: Sarwono Edi, Staf Divisi Teknik, PT Astra Honda Motor)
KAWASAKI
Hitam-Kuning : (-) Masa
Putih-Merah : (+) Aki
Merah-Hitam : (+) Lampu depan jauh/dim
Merah-kuning : (+) Lampu depan dekat
Abu-abu : (+) Sein kanan
Hijau : (+) Sein kiri
Biru : (+) Lampu rem
Merah : (+) Lampu belakang
Coklat : (+) Klakson
(Sumber: Freddyanto Basuki, Service Department Marketing Division, PT Kawasaki Motor Indonesia. Buku Panduan Sepeda Motor Kawasaki)
SUZUKI
Hitam-Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) Pengisian dari magnet
Kuning-putih : (+) Untuk ke penerangan
Merah : (+) Aki
Oranye : (+) Kunci kontak
Abu-abu : (+) Lampu belakang
Putih-Hitam : (+) Lampu rem
Hijau muda : (+) Sein kanan
Hitam : (+) Sein kiri
Kuning-putih : (+) Lampu depan
Putih–Biru : (+) Koil ke CDI
Biru-Kuning : (+) Pulser ke CDI
(Sumber : Pendi Suryanda, Supervisor Training Instruktur Senior Roda Dua PT Indomobil Niaga International)
YAMAHA
Hitam : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Arus positif dari Aki
Kuning : (+) Lampu depan jauh
Hijau : (+) Lampu depan dekat
Coklat : (+) Sein kiri
Hijau : (+) Arus beban (penerangan dll)
Putih-Merah : (+) Pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) Rem
(Sumber: Yanto, Mekanik Yamaha Cemerlang Motor, Dealer Yamaha, Jl. Raya Ciledug, No. 68 E-F, Tangerang)
Dasarnya bermacam-macam kabel itu hanya bermuatan positif (+) atau negatif (-) saja. Tidak ada kabel yang bermuatan banci macam manusia. Jadi memang mudah untuk dimengerti.
Biar nggak linglung, berikut dibeberkan soal panduan arti sejumlah warna kabel di empat pabrikan ternama. Tentu tidak semua. Tapi bagian yang paling mungkin ditangani atau dibuka sendiri. Chuenk
HONDA
Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Aki
Hitam : (+) Kunci kontak
Putih : (+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning : (+) Arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) Lampu jauh
Abu-abu : (+) Flaser
Biru laut : (+) Sein kanan
Oranye : (+) Sein kiri
Coklat : (+) Lampu kota
Hitam-Merah : (+) Spul CDI
Hitam-Putih : (+) Kunci kontak
Hitam–Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning : (+) Pulser CDI
Hijau-Kuning : (+) Lampu rem
(Sumber: Sarwono Edi, Staf Divisi Teknik, PT Astra Honda Motor)
KAWASAKI
Hitam-Kuning : (-) Masa
Putih-Merah : (+) Aki
Merah-Hitam : (+) Lampu depan jauh/dim
Merah-kuning : (+) Lampu depan dekat
Abu-abu : (+) Sein kanan
Hijau : (+) Sein kiri
Biru : (+) Lampu rem
Merah : (+) Lampu belakang
Coklat : (+) Klakson
(Sumber: Freddyanto Basuki, Service Department Marketing Division, PT Kawasaki Motor Indonesia. Buku Panduan Sepeda Motor Kawasaki)
SUZUKI
Hitam-Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) Pengisian dari magnet
Kuning-putih : (+) Untuk ke penerangan
Merah : (+) Aki
Oranye : (+) Kunci kontak
Abu-abu : (+) Lampu belakang
Putih-Hitam : (+) Lampu rem
Hijau muda : (+) Sein kanan
Hitam : (+) Sein kiri
Kuning-putih : (+) Lampu depan
Putih–Biru : (+) Koil ke CDI
Biru-Kuning : (+) Pulser ke CDI
(Sumber : Pendi Suryanda, Supervisor Training Instruktur Senior Roda Dua PT Indomobil Niaga International)
YAMAHA
Hitam : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Arus positif dari Aki
Kuning : (+) Lampu depan jauh
Hijau : (+) Lampu depan dekat
Coklat : (+) Sein kiri
Hijau : (+) Arus beban (penerangan dll)
Putih-Merah : (+) Pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) Rem
(Sumber: Yanto, Mekanik Yamaha Cemerlang Motor, Dealer Yamaha, Jl. Raya Ciledug, No. 68 E-F, Tangerang)
Yamaha
Desember 18,
2010
No
|
Jenis
motor
|
Tahanan
|
|||
Coil
primer
(ohm)
|
Coil
sekunder
(K ohm)
|
Spul
pengapian
(ohm)
|
Spul
pulser
(ohm)
|
||
1.
|
Honda GL
Max
|
0.4-0.6
|
13.63
|
272-290
|
498-520
|
2
|
Honda Tiger
|
04-06
|
14.5-22.5
|
100-300
|
290-300
|
3
|
Yamaha
Jupiter Z
|
0.32-0.48
|
5.68-8.52
|
-
|
248-372
|
4
|
Yamaha
Crypton
|
0.32-0.48
|
5.68-8.52
|
688-1.032
|
248-372
|
5
|
Suzuki
Shogun 125
|
03-0.5
|
5.8
|
-
|
180-280
|
6
|
Suzuki
Shogun 110
|
0.1-0.2
|
14-18
|
-
|
180-280
|
7
|
Suzuki
smash
|
0.2-1.5
|
10-20
|
-
|
180-280
|
8
|
Suzuki
thunder 250
|
0.1-1.2
|
12-20
|
-
|
400-650
|
9
|
Honda Gl
Neotech
|
0.5-0.7
|
12.64
|
-
|
350
|
10
|
Honda win
|
0.4-0.9
|
13.83
|
407-430
|
Krlb 122
|
11
|
Honda
grand
|
0.5-1
|
13.20
|
500-600
|
120-135
|
12
|
Honda NSR
|
0.5-0.8
|
8.98
|
133
|
240
|
13
|
Honda
prima
|
0.5-0.6
|
11.5-14.5
Dengan
chop busi
7.2-8.8
Tanpa chop
busi
|
100-400
|
50-200
|
14
|
Yamaha RXZ
|
1.6±20%
|
6.6±20%
|
32±20% dlm
360±20persen
luar
|
240±20%
|
15
|
Yamaha
force one
|
1.1±20%
|
6.6±20%
|
240-360
|
288-432
|
16
|
Suzuki
satria
|
0-1
|
11.8-17.8
|
-
|
180-280
|
No comments:
Post a Comment