Diesel adalah sebuah pesawat penggerak yang berbahan bakar solar, seperti telah kita ketahui bahwa mesin diesel mempunyai peranan penting dalam hal sebagai penggerak utama pada transportasi, sebagai pembangkit tenaga listrik, sebagai penggerak utama kapal dan banyak dipakai pada alat berat. Maka diesel sebagai salah satu alat terpenting dalam kemajuan teknologi perlu perawatan yang super extra untuk menjaga performance agar mesin tetap dalam kondisi yang prima.
Kami menawarkan beberapa jasa perawatan dan perbaikan dengan harga yang kompetitif dan didukung oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dibidangnya. Kami juga didukung oleh beberapa vendor spare-parts yang berkualitas dan workshop dengan peralatan yang canggih untuk mendukung pekerjaan repair.
Kami telah mempunyai berbagai pengalaman dalam hal pekerjaan mesin diesel baik dikapal maupun industri. Beberapa mesin diesel yang pernah kami kerjakan antara lain : MWM,MAN,MTU,MAK,SWD,SKL,SACM,Mercedes-Benz,Mitsubishi,Nissan Diesel,Volvo,Yanmar,Niigata,Daihatsu,Caterpilar,Makita,Ningbo,Deutz,dll.
Ada beberapa perusahaan yang telah menjadi mitra kerja kami antara lain :
- PT. JMI – Semarang
- PT. Tossa Shakti – Kendal
- PT. TSP – Semarang
- PT. Caputra – banten
- CV. Indra Group – Semarang
- CV. Karya Lestari Pratama – Jayapura
- PT. Indo Pasific Marine – Semarang
- Perawatan rutin pada system pelumasan [ganti oli setiap 250 – 300 jam]
- Perawatan rutin pada system pendinginan [cek tekanan pompa setiap 500 jam]
- Perawatan rutin pada system udara isap [cleaning filter setiap 1000 jam]
- Perawatan rutin tune up [setel valve,cek tekanan injector 3000 jam,kalibrasi injection pump 8000 jam]
- Perawatan rutin turbocharger [cek axial dan radial clearence setiap 3000 jam dan overhaul 8000 – 12.000 jam]
- Perawatan rutin top overhaul [setiap 4.000 jam]
- Perawatan rutin minor overhaul dan crankweb deflection [setiap 6000 – 12.000 jam]
- Perawatan rutin major overhaul [setiap 18.000/24.000/28.000 jam]
Turbocharger adalah sebuah alat yang begitu vital terhadap power engine, maka tidak bisa kita abaikan begitu saja tentang performance kerja turbo tersebut. Dengan demikian turbocharger sangat membutuhkan perawatan yang lebih extra dan teknisi yang berpengalaman untuk menjaga performance kerja suatu turbocharger. Kami telah berpengalaman dibidang perawatan maupun perbaikan turbocharger, baik di kapal maupun industry.
Kami menawarkan beberapa jasa perawatan dengan harga yang kompetitif dan didukung oleh vendor spare-parts yang berkualitas dan workshop dengan peralatan yang canggih untuk mendukung pekerjaan repair.
Prinsip-prinsip kerja turbocharger adalah :
Turbo bekerja berdasarkan pemanfaatan gas buang oleh mesin sehingga menggerakkan rotorshaft yang berputar dengan putaran yang sangat tinggi sekitar 10.000 - 270.000 rpm, dengan putaran tersebut turbo mampu bekerja membantu tenaga pada engine, sehingga tanpa harus menambah dimensi mesin itu sendiri turbo mampu menaikkan power pada engine dan yang tidak kalah penting adalah efisiensi bahan bakar jika turbocharger tersebut dalam kondisi yang prima.
Dengan demikian turbocharger perlu dikerjakan dengan sangat teliti oleh teknisi yang sudah berpengalaman.
Beberapa catatan pekerjaan overhaul turbocharger yang telah kami selesaikan sebagai berikut :
-Overhaul Turbocharger type K-27
-Overhaul Turbocharger type TD-05
-Overhaul Turbocharger VTR-160/161
-Overhaul Turbocharger VTR-160/161
-Overhaul Turbocharger type MET 35
-Overhaul Turbocharger type VTR214
Ada beberpa pekerjaan turbocharger yang lain telah kami selesaikan antara lain :
- Overhaul type VTR : 160/161,200/201,250/251,320/321,400/401,500/501
- Overhaul type VTR : 214,304,354
- Overhaul type MET : 35,42,66 SC
- Overhaul type HS : 550 A
- Overhaul type Napier-Niigata : NHP-180
- Overhaul type Napier-EGT : 295
- Overhaul type Holset-KBB : R-42
- Overhaul type IHI,Garrett,Holset,TD,KKK,H3
- Perawatan rutin pada system pelumasan [ganti oli mesin setiap 250 – 300 jam]
- Perawatan rutin pada system pegisapan atau filter [cleaning setiap 500 jam]
- Pemeriksaan axial clearence dan radial clearence setiap 3000 jam
- Pemeriksaan secara menyeluruh atau overhaul setiap 8.000 – 12.000 jam
Crankweb Deflection [cek ketidaklurusan crankshaft dari keausan metal], Traubleshooting Analysis, Measuring Power, Engine Comisioning, Engine Trial and Test Load.
2. Overhaul Diesel Engine 50 KW to 5.000 KW [6.705 HP] :
Top Overhaul Engine
General Overhaul Engine
Minor and Major Overhaul [live time 18.000 hours, 24.000 hours, 28.000 hours, etc.]
3. Overhaul Turbocharging :
Overhaul
Cleaning
Check axial and radial
4. Advicer for Repair Recomendation Engine and Turbocharger :
Machining, Honing, Grinding, Hardcroom, Blasting by vendor
5.Workshop Inspection :
Dimension check : Bend Alignment, Test Cracking by NDT, Hardness, Balancing
6. Generator Service :
Clean Main stator, Exciter Rotor and Rotor Re-Vernish
Heating by Electric Lamp.
Renewed Ball Bearing Forward and After
Renewed Bearing Cartridge drive End
Megger test to be carried out prior testing
Re-assembling and Test
Rewinding
7. Overhaul Comperessor :
Check hight pressure ring and valve
Check low pressure ring and valve
Ajust safety valve and system
No comments:
Post a Comment